Indahnya Malingping-Desaku

Malingping tentu tidak asing lagi terdengar, malingping adalah salah satu kecamatan yang masuk wilayah hukum kabupaten Lebak. Kecamatan Malingping terkenal dengan daerah wisata pantainya selain dengan pemandangan alam yang indah dan menawan. Jika kita berjalan  mulai  dari arah binuangeun melewati malingping menuju Bayah, kita akan menemukan ratusan tempat wisata yang alami dan masih perawan.

Pantai yang ada di Kecamatan Malingping dan Kabupaten Lebak antara lain :

Pantai Bagedur : sumber google

Pantai Bagedur : sumber google

Pantai Bagedur merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Kecamatan Malingping – Kabupaten Lebak, Pantai Bagedur merupakan obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pantai Bagedur terletak di desa Sukamanah kecamatan Malimping, Kabupaten Lebak. Untuk menuju pantai ini sangat mudah dijangkau, karena daerah ini dilewati oleh transportasi umum dengan jarak tempuh sekitar 104 Km dari Kota Rangkasbitung. Keadaan pantainya sangat tenang dengan hamparan pasir yang bersih, dilengkapi dengan fasilitas cottage yang bergaya arsitektur tradisional yang selalu siap menawarkan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang datang. Pantai Bagedur adalah salah satu pantai favorit. Pengunjung dari berbagai daerah sering melakukan touring ke daerah ini. biasanya pada saat hari libur Idul Fitri.

Binuangeun

Binuangeun

Pantai Binuangeun : Selain sebagai objek wisata pantai yang indah, Pantai Binuangeun lebih dikenal sebagai tempat pelelangan ikan terbesar di pantai Lebak selatan, dengan jaraknya yang tidak jauh dari kota Malimping sekitar 20 Km membuat tempat ini mudah dijangkau, ditempat ini dapat terlihat aktivitas nelayan yang sedang menangkap ikan dan udang, terutama pada musim kemarau, ditempat ini pula selalu dijadikan ajang wisata pancing baik scala lokal maupun nasional mengingat potensi kekayaan laut yang melimpah, ditempat ini pula terdapat objek wisata pantai yang bernama pantai Karang Malang, Pantai ini dihiasi dengan karang-karang indah yang menjorok kelaut, pohon-pohon kelapa yang nyiur melambai menambah sejuknya suasana pantai dengan pemandangan keindahan pulau Tinjil dari kejauhan.

Pantai Kembang Ranjang, Pantai karang Malang, adalah tempat yang berlokasi di kecamatan Binuangeun yang kedua pantai tersebut sangat berdekatan. Lokasi tempat ini tidak jauh dari lokasi pelelangan ikan.

pasir putih suka hujan

pasir putih suka hujan

Pantai Suka Hujan,  terdapat di desa Suka Hujan. Lokasinya tidak terlalu besar, namun banyak warga yang memilih tempat ini dibandingkan tempat lain dikarenakan tidak banyak orang berjualan di tempat ini. dan juga lokasi yang sangat nyaman untuk bersatai. Pantai Pasir Putih suka hujan merupakan destinasi wisata pantai yang berada sepanjang jalur pantai selatan antara Malimping dan Cihara, terletak di desa Suka Hujan Jaraknya sekitar 15 Km dari kota Malimping, pantai pasir putih ini memiliki latar belakang panorama alam pantai yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang bersih yang diselingi karang-karang serta hiasan deburan ombak yang memukau akan memberikan fantasi rekreasi bagi anda, selain fotografi aktivitas lain yang sangat cocok adalah menikmati pemandangan pantai dan sunset disore hari, tidak jauh dari pantai itu terdapat pula pantai-pantai lain yang indah dan menawan yang akan melengkapi keindahan pantai selatan

pantai cihara

Pantai Cihara berlokasi tidak jauh dari Pantai sebelumnya. Sebenarnya tempat ini jarang dikunjungi karena daratan berpasir yang sangat sedikit, selebihnya adalah karang yang menjulang tinggi besar. Pantai Cihara merupakan salah satu rangkain Pantai selatan yang berada di kecamatan Cihara Kabupaten Lebak memiliki pesona yang memikat, dihiasi dengan hamparan karang dengan warna biru laut yang memukau, dengan hiasan gelombang yang spektakuler akan memanjakan mata

cihara pantai

cihara pantai

sepanjang perjalanan menuju pantai Sawarna karena memang letaknya berada disepanjang pantai Bayah – Sawarna, letaknya tidak jauh dari pantai Kota Malimping sekitar 14 Km. Selain keindahan pantai, hamparan sawah hijau akan melengkapi suguhan rekreasi liburan anda ke pantai Selatan Banten.

Pantai Songsong : Pantai Karang Songsong merupakan salah satu objek wisata yang terletak di kecematan Bayah kabupaten Lebak yang unik dan menarik, karena memiliki karang-karang yang besar dan indah sebagai daya tarik khas pantai selatan, serta

pantai songsong

pantai songsong

pengunjung bisa menikmati aktraksi pemandangan ombak laut silih berganti yang indah dan spektakuler dari shelter-shelter yang tersedia.Pantai ini terletak tidak jauh dari pulau Manuk, yang merupakan rangkaian bentangan pantai selatan Banten. Terletak sekitar 125 Km dari kota Rangkasbitung dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat melalui Pandeglang – Malimping – Bayah atau Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malimping – Bayah dengan kondisi jalan yang cukup baik. Aktivitas yang dapat dilakukan selain menikmati pemandangan alam juga dapat menjadi sebagai area memancing dan fotografi.

Bayah : Pantai Pulau Manuk atau pulau burung di pantai bagian selatan Banten, Jaraknya tidak jauh dari pantai Sawarna. Pesona Pantai yang indah dihiasi dengan hamparan karang yang luas memberikan daya tarik yang unik, anda bisa

pulau manuk sumber: google

pulau manuk sumber: google

menyaksikan karang yang sangat besar, serta karang itu telah banyak didatangi burung yang mempesona sehingga sangat cocok bagi anda yang menyenagi kegiatan fotografi.Selain Pulau Manuk, Banten selatan juga memiliki pantai-pantai dan indah sepanjang jalur Malimping – Sawarna. Seperti pantai Begedur, pantai Karang Taraje, Cibobos. Memancing, mencari kerang di laut dan rekreasi pantai merupakan aktivitas wisata yang favorit.

Pantai Tanjung Layar terletak tidak jauh dari pantai Ciantir Sawarna, Merupakan Pantai yang sangat indah dan mempesona dengan ombak yang sangat menakjubkan sangat cocok bagi anda yang menyenangi

tanjung layar

tanjung layar

olahraga selancar dan fotografi.Hal yang unik dan menarik yaitu terdapatnya pemandangan karang kembar yang menjulang berbentuk kerucut, terjadi karena gejala alam yang terjadi ratusan tahun yang lalu, untuk menempuh lokasi ini sangat mudah karena dilalui oleh jalur transportasi umum dengan jarak sekitar 150 KM dari Rangkasbitung.

Pantai Bayah

Bayah: Pantai sawarna, Karang Taraje,  Banyak sekali pantai di daerah ini, namun beberapa lokasi sudah berpemilik. jika ingin masuk maka kita harus mengeluarkan sedikit uang. Pantai Ciantir Sawarna Kecamatan Bayah kabupaten Lebak, merupakan pantai yang sangat indah dan menarik, dengan jarak kurang lebih 150 Km dari pusat kota Rangkasbitung menawarkan pesona pantai yang menakjubkan dengan ombak yang spektakuler sangat cocok bagi anda yang menyenangi olahraga selancar, dan telah menjadi surga baru bagi peselancar dari Australia, Jepang, Korea.Selain keindahan pantai, Sawarna terkenal dengan goa-goanya, salah satunya goa laylay atau goa kalelawar yang dihuni ratusan bahkan ribuan kalelawar, dan di dalam goa dapat disaksikan berbagai kehidupan satwa dan jernihnya air yang mengalir menyusuri goa.


Jalur Menuju Pantai Sawarna :  Serang – Pandeglang – Malimping – Bayah – Sawarna, Rangkasbitung – Cileles – Gunung Kencana – Malimping – Bayah – Sawarna, Pelabuhan Ratu – Ciabareno – Bayah atau Pelabuhan Ratu – Cikuray – Cibeberm – Bayah.

11 responses to “Indahnya Malingping-Desaku

  1. Pantai Cihara, lokasi memang sangat terpencil! namun suasa alam sangat indah, Dinamakan Pantai Cihera karena memang berada di kecamatan cihera! Penduduk Cihera sangat ramah dengan pengunjung, sehingga pengunjung akan merasa aman dan betah berada di sini!
    Memang Pantai banyak berbatu dan karang. Namun disinilah letak keindahanya, karang dan batuan berwarna hijau nan indah!
    Anda dapat berkunjung ke sini. Lokasi kurang lebih 14km dari pusat kota kecamatan malingping! Sebelum anda menuju pulau burung dan sawarna tdk ada salahnya singgah di pantai cihera sini!

    Makasih Sharenya infonya…! Semoga Pariwisata Lebak khususnya malingping dan sawarna mendapat perhatian dari pemerintah daerah!

    salam

  2. Lebak merupakan daerah kabupaten terluas yang ada di provinsi banten. Kabupaten lebak kaya dengan potensi alam dan kebudayaan. Potensi pariwisata lebak yang masih natural merupakan modal pembangunan kabupaten lebak.

    Disamping itu Potensi lahan kering/kebun di Kab. Lebak sangat luas namun belum terkelola dengan baik karena pada umumnya para petani hanya memungut hasil, tidak ada budidaya, dan tanpa tanaman produktif di bawah naungan.
    Status Lebak sebagai daerah tertinggal dalam jangka waktu yang tidak lama lagi akan dihilangkan. Untuk itu, warga Lebak diharapkan mau kerja keras, bersatu memberikan yang terbaik bagi daerahnya.

  3. Bagedur….hmm….emang mantap euy….
    tahun 2009 kamari ka bagedur… tah…isukan tanggal 17 Oktober 2010 hayang ngulang deui ka pantai eta anu tadi tea..
    insya Allah tulus rencana teh…amien..nya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s