CCTV Live Arus Mudik Bandara

CCTV Live Arus Mudik 2010 Bandara

CCTV Live Arus Mudik 2010 Bandara

Pengamanan arus mudik penumpang pengguna jasa penerbangan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang menjelang Lebaran Idul Fitri 1430 Hijriah semakin diperketat.

Bahkan, PTAngkasa Pura (AP) II Palembang membangun posko lebaran dengan mengaktifkan 31 kamera CCTV.Penempatan posko Lebaran yang bekerja sama dengan pihak kepolisian ini ditempatkan di pusat informasi bandara. Sementara, 31 CCTV telah disebar di beberapa titik area public bandara.

General Manager PT AP II Bandara Internasional SMB II Palembang Yon Sugiono S mengatakan, pengamanan bandara akan diperketat dengan menempatkan sejumlah personel keamanan di beberapa area public bandara, seperti gerbang pintu masuk,pintu masuk keberangkatan, dan pengamanan di penerbangan internasional.

Agar pengamanan yang dilakukan bisa optimal, ujar Yon, pengamanan yang di bentuk pada H- 7hinggaH+7 menjelang hari raya ini akan melibatkan seluruh dinas/instansi berwenang di Bandara SMB II Palembang. Selain menyebar personel keamanan dan memasang alat CCTV yang disebar di beberapa titik public service, PT AP II Palembang juga telah mengantisipasi pengamanan ekstra, dengan menyadap beberapa akses telepon di bandara.

“Saat ini kita telah berkoordinasi dengan 18 personel dari TNI AU dan 15 petugas dari Poltabes Palembang. Lalu, kami membentuk posko lebaran Bandara SMB II Palembang yang akan melibatkan seluruh staf operasional,”tuturnya. Yon mengungkapkan,personel yang disebar di beberapa titik penting di bandara diperkenankan menggunakan seragam sipil atau berbaju preman.

Terpenting, saat ini pengamanan bandara terus akan ditingkatkan, dengan berbagai pengawasan rutin. Sementara itu, Kepala Divisi Operasional PT AP II Bandara Internasional SMB II Palembang Iskandar Hamid mengatakan,langkah pengamanan yang diambil pihak AP II merupakan bentuk rutinitas pengamanan menjelang Lebaran.

“Kita akan bekerja sesuai standar operasional seperti hari biasa. Cuma, memang ada penambahan personel dari Poltabes Palembang dan TNI AU yang menempatkan petugasnya di terminal dan di gerbang pintu masuk bandara.Terpenting, adaposko Lebaranyangakanmenyediakan informasi Lebaran,terutama informasi pengamanan di bandara internasional ini,”terangnya.

PT Angkasa Pura akan menambah kamera CCTV di kawasan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Upaya ini untuk meningkatkan pengamanan di dalam dan luar bandara itu.

Direktur PT Angkasa Pura, Yon Sugiono, mengatakan, CCTV yang ditambah sebanyak 11 unit. Ini melengkapi 32 CCTV sebelumnya. Tapi, kata dia, 32 CCTV itu kini tak dipakai lagi, karena diganti dengan yang canggih.

“Jadi, total tahun ini kami beli 43 unit CCTV,” ujarnya, di ruang kerjanya, Kamis (2/9).

11 CCTV yang baru itu bakal dipasang di sekitar areal parkir, sisi-sisi bandara, serta tempat yang vital di kawasan itu. Alat perekam gambar dan suara ini, juga bisa memantau seluruh areal.

“Tetap terpantau meskipun membelakangi kamera,” kata Sugiono.

Ia menyebutkan, Angkasa Pura, ke depan bakal menambah lagi 42 CCTV di bandara internasional itu. Bila rencana ini terwujud, total ada 85 unit CCTV di Bandara SMB II.

Disinggung soal arus mudik di bandara, Sugiono mengatakan belum ada peningkatan. Tapi ia memperkirakan akan ada peningkatan penumpang hingga 12 persen ketimbang tahun lalu. Saat itu, ada 7.440 penumpang yang menggunakan jasa pesawat.

Ia juga memperkirakan puncak arus mudik baru akan terjadi pada empat hari sebelum Lebaran. Itu karena sekolah mulai libur sehingga ada lonjakan penumpang.

Adapun untuk mengantisipasi keamanan, Angkasa Pura bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara dan kepolisian. Kata Sugiono, ada 25 personil yang berjaga-jaga di posko maupun sekitar bandara.

Sumber : http://cctvcameraindonesia.com/bandara-smb-ii-aktifkan-31-cctv/

One response to “CCTV Live Arus Mudik Bandara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s